Jelajah

Jalin Koalisi, PAN Berikan Surat Tugas ke Kang Giri Agar Komunikasi Dengan Partai Lain

Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) memberikan surat tugas calon Bupati (Cabup) kepada Sugiri Sancoko petahana dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Ponorogo, surat tugas tersebut diberikan kepada kepada Sugiri agar bisa berkomunikasi dengan partai lain untuk menjalin koalisi. 

Puryono sekretaris DPD PAN Ponorogo mengatakan, PAN Ponorogo tidak bisa mengusung calon Kepala Daerah sendiri di pilkada 2024 karena jumlah Kursi legislatif di Pemilu 2024 hanya 3 kursi di tingkat Kabupaten sehingga harus berkoalisi, selain itu juga ditugaskan untuk mencari calon wakil bupati di pilkada 2024. 

“Karena partai (PAN) belum mampu mengusung sendiri, karena harus butuh partai lain memenuhi syarat dalam rangka untuk pencalonan, maka pertama tugas yang harus dilakukan bagi calon adalah berkomunikasi dengan partai lain” terangnya kepada jurnalis gema surya Kamis (20/06)

Menurut Puryono, jika sugiri Sancoko dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik maka tidak tertutup kemungkinan surat rekomendasi dari DPP PAN akan turun ke petahana. 

Sementara sosok calon bakal wakil Bupati yang akan mendampingi Sugiri Sancoko kata Puryono bisa diambilkan yang mengikuti penjaringan cawabup di PAN yakni Lisdyarita atau Segero Luhur Kusumo Daru. Puryono menegaskan bahwa Cabawabup yang akan mendampingi Sugiri Sancoko adalah yang dianggap bisa bekerja dan memenangkan pilkada 2024.

Sekedar informasi, pada tahun 2020 PAN merupakan salah satu partai politik pengusung Sugiri-Lisdyarita dan memenangkan pilkada 2020. Pihaknya juga masih membuka komunikasi dengan partai lain misalnya PDIP Dan partai Demokrat untuk menjalin koalisi, Sementara selain Selain Sugiri Sancoko , Mantan Bupati Ipong Muchlissoni juga mengikuti penjaringan cabup di partai PAN Ponorogo.