Jelajah

FNRP 2024 Disbudparpora Dibantu 80 Volunter Tanpa Gaji

Puluhan volunteer disiapkan Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo untuk pelaksanaan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) 2024. Sejumlah relawan disiapkan dimana ada sekitar 80 orang yang akan ditugaskan mensukseskan jalannya event berskala Nasional Tersebut. 

Judha Slamet Sarwo Edi Kepala Disbudparpora Ponorogo mengatakan keterlibatan volunteer dalam perayaan Grebeg Suro bukan yang kali pertama, namun sudah beberapa tahun terakhir, mereka dilibatkan dalam tugas memandu peserta FNRP sejak tiba di Bumi Reog, termasuk mendampingi peserta latihan, berada di basecamp, serta memandu alur kontingen selama pentas hingga kembali ke kota asal. 

Kendati berstatus volunteer Judha mengatakan, penjaringan dilaukan melalui proses seleksi yang ketat, dengan mempertimbangkan riwayat hidup, maupun keterampilan, karena tenaga sukarela mereka tidak digaji namun demikian  diharapkan mereka tetap bekerja maksimal seiring FNRP menjadi salah satu pendongkrak status Reog Ponorogo di mata dunia, ini juga sebagai bentuk  kepedulian kaum muda terhadap seni dan budaya asli kabupaten ini.