Jelajah

Sakit, Jamaah Haji Asal Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Seorang jemaah haji asal Lengkong Sukorejo Ponorogo meninggal dunia di Makkah Ahad 9 Juni 2024, jemaah haji bernama Syahri Muhammad Nur berusia 78 tahun dari kloter 19 tersebut sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit arab saudi, lansia tersebut didiagnosis mengalami Pneumonia dengan gejala sesak nafas dan saturasi oksigen dalam darah menurun. 

Kepala kantor kementerian agama (kemenag) Ponorogo Nurul Huda kepada gema surya Senin (10/06) mengatakan, jamaah haji tersebut akhirnya harus dirawat intensif di ruang ICCU hingga akhirnya oleh tim dokter dinyatakan wafat. Diakui jika sebelum sesak nafas, Syahri Muhammad Nur diketahui mengalami kaki bengkak, selain itu saat berangkat sudah dalam keadaan menggunakan kursi roda sehingga  yang bersangkutan memang masuk dalam kelompok resiko tinggi (resti).

Saat ini jenazah sudah dimakamkan di tanah suci dan harapannya keluarga yang ada di Ponorogo bisa tabah dan ikhlas. Dirinya pun berpesan agar seluruh jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatannya agar bisa melaksanakan puncak ibadah haji di arafah nanti, caranya dengan menghemat energi dan menjaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan makan yang cukup. 

Karena menurut Nurul Huda pihaknya sering melihat banyak jamaah yang kurang nafsu makan karena tidak cocok, padahal mereka butuh energi yang lebih lantaran  haji merupakan ibadah fisik.