HeadlineJelajah

Berpotensi Bertambah, Jumlah Pemilih dalam Pilkada 2024

Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada November mendatang berpotensi bertambah. Pasalnya, KPU Ponorogo telah menyelesaikan proses sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilu (DP4) dengan daftar pemilih berkelanjutan.

Hasilnya, ada potensi kenaikan pemilih yang lumayan. Ali Mahfudz, Komisioner KPU Ponorogo, mengatakan setidaknya 771.168 DP4 diterima KPU Ponorogo. Rinciannya, 379.846 pemilih laki-laki dan 391.322 pemilih perempuan.

Jumlah tersebut naik signifikan ketimbang DPT yang ditetapkan KPU Ponorogo pada Pemilu lalu sebanyak 758.688 jiwa. Ali menambahkan, DP4 bakal diturunkan ke tiap desa. Selanjutnya, dicocokkan dan diteliti (coklit) oleh petugas. Termasuk membagi jumlah DP4 dengan potensi pemilih di setiap wilayah untuk memetakan kebutuhan tempat pemungutan suara (TPS).

Kendati jumlah DPT berpotensi bertambah, dipastikan jumlah TPS berkurang dari Pemilu sebelumnya. Pada Pilkada nanti sedikitnya diperlukan 1.515 TPS dengan ketentuan maksimal 600 pemilih per TPS.

Sedangkan, pada Pemilu lalu terdapat 2.893 TPS dengan ketentuan maksimal 300 pemilih per TPS. Adapun keberadaan TPS harus memenuhi beberapa syarat, seperti asas pemerataan, mudah dijangkau, hingga pemilihan tempat yang strategis agar mudah terjangkau pemilih. (yd/rl/ab)