Jelajah

Banyak Lakalantas di Proliman Dengok, Dishub Nilai Diawali dari Pelanggaran Terobos Lampu Merah

Banyaknya kejadian lakalantas di Proliman Dengok Madusari, Siman, Ponorogo akhirnya ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo. Bersama dengan Satlantas Polres, Selasa (28/5) Dishub melakukan pengecekan lampu traffic light.

Setyo Budiono, Kabid Lalu Lintas dan Sarpras Dinas Perhubungan, mengatakan sebenarnya lampu merah di kawasan tersebut menjadi ranahnya provinsi. Namun, karena pihaknya mendapat banyak keluhan dari warga, akhirnya mereka turun tangan.

Hasilnya, banyaknya kasus lakalantas di kawasan tersebut karena human error. Pengguna jalan tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dengan sering menerobos lampu merah.

Uniknya, mereka menyalahkan waktu nyala lampu hijau traffic light yang diubah, padahal pengguna jalan sudah terlanjur hafal mengikuti searah jarum jam.

Sehingga mereka dalam berkendara memakai prinsip kebiasaan, bukan aturan. Kendati begitu, Dishub sudah melaporkan masalah itu ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, pihaknya siap mengubah waktu menyala lampu hijau traffic light sesuai kebiasaan sebelumnya yang sudah terlanjur dihafalkan oleh pengguna jalan yang rutin melintas di jalur tersebut, yakni utara-selatan-timur-barat. (rl/ab)