Jelajah

Orang Terlantar di Hutan Kayu Putih Klego Mrican Jenangan, Akhirnya Dirawat di Panti Lansia Dhuafa

Masih ingat dengan gelandangan yang ditemukan di hutan kayu putih Klego Mrican Jenangan dengan kondisi memprihatinkan? Lelaki tanpa identitas itu saat ini sudah dirawat dengan baik di Panti Lansia Dhuafa Desa Turi, Jetis, Ponorogo.

Rama Philip, pengurus panti, mengatakan bahwa yang bersangkutan merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan belum diketahui nama maupun alamat asalnya. Karenanya, pihaknya akan koordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman biometrik.

Jika nanti ada datanya di Dukcapil, maka akan dikembalikan ke keluarga jika masih memiliki. Namun, jika tidak ada identitas sama sekali, maka akan ditetapkan menjadi warga Ponorogo dan tinggal di pantinya. Sejauh ini, lanjut Rama, kondisinya secara fisik sehat dan kejiwaannya stabil. Dia memiliki karakter penurut dan pendiam.

Sebelumnya, gelandangan tersebut ditemukan di sekitar alas kayu putih Dukuh Klego, Desa Mrican, dengan kondisi lemas, tidak bisa bicara, bahkan berjalan.

Pemerintah desa yang menerima laporan akhirnya meneruskannya ke Dinsos dan Polsek setempat yang akhirnya membawanya ke rumah sakit. Setelah kesehatannya pulih kembali, akhirnya dia dititipkan ke Panti Lansia Dhuafa Desa Turi. (rl/ab)