Jelajah

Hari Terakhir Pendaftaran Panwascam, Kuota 30% Perempuan Terus Dikejar

Keterlibatan perempuan dalam mensukseskan Pilkada 2024 sangat diharapkan, termasuk dalam keikutsertaan menjadi Panwascam atau Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan. Bahrun Mustofa, Ketua Bawaslu Ponorogo kepada gema surya Sabtu (11/05) mengatakan dari total panwascam yang dibutuhkan, harus ada minimal 30% komposisi perempuan di dalamnya.

Menurut Bahrun Mustofa, hingga Sabtu pagi 11 Mei 2024 yang merupakan hari terakhir pendaftaran, kuota tersebut belum terpenuhi dengan kekurangan yang hanya 2 pendaftar perempuan saja. namun pihaknya optimis kuotanya akan segera terisi karena masih ada waktu hingga pukul 24.00. Keyakinan itu diperkuat lantaran ada beberapa pendaftar yang sudah mengisi berkas namun kurang sedikit syaratnya dan tinggal melengkapi saja.

Disinggung terkait perpanjangan waktu pendaftaran, Bahrun Mustofa menjelaskan jika batas akhir 11 Mei 2024 sudah batas terakhir karena sebelumnya sudah dilakukan perpanjangan, dimana awalnya pendaftaraan berakhir 7 Mei 2024, sehingga tidak mungkin diperpanjang kembali.

Bahrun Mustofa menambahkan, berdasarkan pengalamanya, keterlibatan perempuan memang selalu menjadi tantangan tersendiri, pasalnya tidak banyak perempuan yang siap menjadi Panwascam. Hal tersebut lantaran kesibukan perempuan diakui lebih banyak Sehingga jika ditambah tugas menjadi Panwascam akan semakin berat, belum lagi terkadang harus pulang hingga larut malam sehingga akan menjadi tantangan.