Jelajah

20 Panwascam Pilkada 2024 Akan Diisi Wajah Baru, Sisanya Petahana

Pilkada serentak 2024 tinggal menghitung Bulan, sejumlah persiapan tengah dikebut demi kelancaran pesta demokrasi setelah pilpres tersebut. Salah satunya adalah Panwascam atau Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan. Di Ponorogo sendiri dibutuhkan total 63 Panwascam untuk 21 Kecamatan, dan dari jumlah tersebut, 20 diantaranya akan diisi dengan wajah baru, sementara sisanya yakni 43 diambilkan dari Panwascam Pilpres lalu namun telah melalui serangkaian seleksi tambahan. 

Bahrun Mustofa, Ketua Bawaslu Ponorogo menyampaikan jika pendaftaran panwascam berakhir hari Sabtu 11 Mei 2024 jam 24.00 wib. Hingga Sabtu pagi, total sudah ada 102 pendaftar dimana tahapan selanjutnya adalah pengumuman yang lolos administrasi dan tes seleksi.

Diakui, lanjut Bahrun, posisi yang kosong tinggal 20 di 15 Kecamatan Ponorogo, karena yang 43 diambilkan dari Panwascam pilpres kemarin. Meski begitu, 43 petahana sudah dilakukan seleksi tambahan untuk menentukan kelayakan dan kemampuan bertugas kembali di Pilkada 2024. Sementara itu masa kerja Panwascam selama 8 bulan, dan tugas utamanya adalah mengawasi jalanya tahapan pemilu dari awal hingga akhir di Kecamatan masing-masing.