Jelajah

3 Warga Kena DBD, Pemdes Kalimalang Lakukan Foging di Satu RT

Pemerintah desa Kalimalang Sukorejo lakukan Foging di RT 02 RW 01 dukuh Krajan Selasa 23 April 2024, menyusul ada 3 warganya yang terkena demam berdarah.

Riyadi, Kepala Desa Kalimalang, menjelaskan bahwa ketiga warga yang terkena demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, termasuk baik orang dewasa maupun anak-anak. Dua dari mereka telah diperbolehkan pulang setelah perawatan, namun satu anak masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Sementara ini, fogging hanya dilakukan di satu RT, namun tidak menutup kemungkinan akan diperluas ke wilayah lainnya. Pasalnya, ketiga warga yang terkena demam berdarah tersebut tinggal di lokasi rumah yang berdekatan, sehingga diperkirakan penyebarannya terkonsentrasi di lingkungan tersebut.

Riyadi juga menjelaskan bahwa setelah berkonsultasi dengan Puskesmas Sukorejo, disarankan untuk menggelar fogging sebagai langkah pencegahan lebih lanjut. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pos Kesehatan Desa untuk menggerakkan kader-kader mereka bersama warga dalam gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Langkah-langkah ini diambil dalam upaya bersama untuk mencegah penyebaran demam berdarah di Desa Kalimalang Sukorejo.