DBD Mengintai, Sejumlah RS Laporkan Kenaikan Kasus

Hati-hati, penyakit demam berdarah (DBD) mengintai di bulan Maret ini. Beberapa rumah sakit melaporkan adanya kenaikan kasus, salah satunya Rumah Sakit Umum (RSU) Aisyiyah Dr. Sutomo. Hingga Selasa, 5 Maret, ada sekitar 20 pasien yang harus dirawat inap terindikasi DB.


Arbain, Humas RSU Aisyiyah Ponorogo, mengatakan 20 pasien tersebut terdiri dari 14 masuk kategori DB, sedangkan 6 orang masuk kategori Dengue Fever (DF). Bahkan, pasien DB ada yang sempat dirawat di ruang ICU karena terjadi pendarahan.

Arbain menambahkan, saat ini kondisi pasien sudah membaik. Sedangkan pasien DB yang dirawat usianya rata-rata di atas 40 tahun dan ada yang dari luar Kabupaten Ponorogo.

Sementara itu, Dyah Ayu Puspitaningarti, Kepala Dinas Kesehatan, mengatakan hingga kasus Demam Berdarah bulan Januari – Februari 2024 hanya 13 kasus berdasarkan data Dinas Kesehatan. Menurutnya, untuk menentukan kasus DB, ada kriteria dari program DB itu sendiri.

Masih kata Dyah Ayu, perbedaan data di rumah sakit dengan di Dinkes merupakan hal wajar. Pasalnya, untuk pasien DF di RS sudah masuk kategori DB. Ini sebagai antisipasi pihak rumah sakit itu sendiri dalam hal penanganan. Sedangkan pihak Dinkes, yang dinyatakan jika trombosit sudah di bawah 100 ribu. (yd/rl/ab)