Jelajah

Puluhan Warga Kecewa Gagal Beli Beras SPHP Pasar Murah di Halaman Kodim

Sebanyak 12 ton beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) dalam program Pasar Murah yang digelar di halaman Kodim Senin (4/3), ludes kurang dari 2 jam. Bahkan banyak warga harus gigit jari karena tidak memperoleh beras murah tersebut.

Pasalnya, sebelum jam 07.00 WIB, operasi pasar murah sudah dimulai, dan 12 ton beras itu hanya untuk 1.200 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kodim bekerjasama dengan Bulog Ponorogo.

Rumiatin, warga Kecamatan Siman, mengaku kecewa lantaran tidak bisa memperoleh beras murah tersebut. Dirinya tidak memperoleh kupon padahal sudah datang jam 08.OO WIB. Ia bahkan nekat antri demi memperoleh beras SPHP karena selisihnya dengan beras yang dijual di toko dekat rumahnya jauh. Di pengecer beras saat ini sudah tembus Rp17 ribu, dengan harga tersebut dirinya merasa kesulitan membeli.

Berbeda dengan Dian Tri, warga Kecamatan Siman, termasuk yang beruntung lantaran masih memperoleh 1 kupon untuk pembelian beras maksimal 10 kilogram SPHP. Dirinya membeli beras SPHP yang diadakan di Makodim karena harganya lebih murah, yakni Rp51 ribu per 5 kilogram, sementara beras SPHP di pasar harganya Rp55 ribu – Rp65 ribu per lima kilogram.

Sementara harga beras non SPHP mencapai Rp70 ribu – Rp80 ribu per 5 kilogram. Sebenarnya, dirinya mempunyai sawah tapi belum panen.

Sementara Letkol Infanteri Dwi Soerjono, Dandim 0802 Ponorogo, mengatakan kegiatan ini bertujuan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Pasar murah ini juga untuk menjaga stabilitas harga beras agar tidak terus naik. Pihaknya berencana akan mengadakan lagi di bulan Ramadhan karena banyak warga yang tidak memperoleh kupon di tahap pertama ini. (yd/rl/ab)