Dimulai Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten, KPU Targetkan 3 Hari Rampung

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ponorogo mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi dan perhitungan suara Pemilu 2024 pada Selasa (27/2) siang. Rapat ini dilaksanakan di Gudang PGRI Ponorogo yang menjadi tempat rekapitulasi dan perhitungan surat suara, dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 3 hari.


Komisioner KPUD Ponorogo, Arwan Hamidi menjelaskan, pada rapat tersebut setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan membacakan hasil rekapitulasi dan perhitungan suara di masing-masing kecamatan. Proses ini mencakup pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden, pemilihan DPR RI, pemilihan DPD, pemilihan DPRD provinsi, dan pemilihan DPRD kabupaten.

Arwanhamidi menambahkan, rekapitulasi dan perhitungan ini juga berfungsi untuk menyingkronkan dan mencocokan data antara aplikasi Sirekap di Info Pemilu dengan penghitungan secara manual. Sehari diharapkan 10 hingga 11 PPK akan membacakan hasil pemilu 2024 dari masing-masing kecamatan, sehingga diharapkan pada hari ketiga dapat menyelesaikan tanda tangan berkas hasil rekapitulasi dan perhitungan tingkat kabupaten.

Sementara penetapan jumlah kursi DPRD dan calon legislatif terpilih di tingkat kabupaten akan dilakukan pada tahapan yang berbeda.