HeadlineJelajah

Dilanda Stres, Tim Sukses Gagal dan KPPS Banyak yang Datangi Dokter Jiwa

Pasca pencoblosan seminggu lalu, tim sukses (timses) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Ponorogo banyak yang dilanda stres. Sudah banyak yang datang untuk konsultasi ke dokter jiwa.

Seperti yang diungkapkan dr. Andri Nurdianasari, Spesialis Kedokteran Jiwa di Rumah Sakit dr. Harjono mengatakan, bahwa dalam dua hari pasca pencoblosan tanggal 14 Februari 2024, tak kurang dari 10 orang datang.

Rata-rata mereka mengeluh tidak bisa tidur, kehilangan nafsu makan, sakit perut, mual, dan pusing. Gejala lain yang dikeluhkan mencakup kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan.

Mereka mengaku berasal dari tim sukses yang gagal, tetapi merasa bertanggung jawab sehingga menjadi beban moral dan pikiran. Akibatnya, mereka mengalami kesulitan tidur akibat kecemasan yang berlebih.

Sementara itu, untuk KPPS, beban pekerjaan yang berat juga turut menyumbang terhadap tingginya tingkat stres. Bahkan, ada satu pasien KPPS yang takut menemui orang.

Menurutnya, apa yang dialami oleh timses dan KPPS masuk dalam kategori stres sedang. Sebagian besar dari mereka hanya menjalani rawat jalan dan cukup minum obat. (yd/rl/ab)