Jelajah

Posko BPBD Antisipasi Bencana di Puncak Musim Penghujan, Dominasi Laporan Pohon Tumbang

Selama 20 hari dibuka Posko BPBD mengantisipasi  bencana  alam di puncak musim penghujan bulan ini, rata-rata laporan yang masuk adalah pohon tumbang, diantaranya pohon tumbang di jalan ir H.Juanda, Basuki rahmat dan Siman.

Masun Kepala pelaksana BPBD Ponorogo mengatakan, semua laporan yang masuk sudah ditangani dengan baik sehingga tak ada masalah. Dijelaskan sejak awal Februari lalu, BPBD bersama lintas sektor relawan siagakan personil 24 jam, posko lintas sektor Baik dari instansi terkait dan para organisasi relawan kemanusiaan di Kabupaten Ponorogo. 

Posko lintas sektor itu, berada di Kantor BPBD Ponorogo Jalan Sekar Putih Kelurahan Tonatan. Posko itu pun buka 24 jam non stop sehingga memudahkan untuk melakukan mitigasi dan koordinasi jika terjadi bencana sewaktu-waktu, kata masun, pihaknya akan mengoptimalkan peran fungsinya sebagai koordinator dalam penanggulangan kebencanaan, selain itu, pihaknya juga akan intens berkoordinasi dengan instansi terkait dan relawan dalam melakukan mitigasi bencana.

Himbauan kewaspadaan kepada masyarakat itu terus digaungkan, masun mencontohkan seperti meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir, puting beliung, cuaca ekstrim, tanah longsor di lingkungan masing-masing, himbauan juga bagi pengguna jalan, agar lebih waspada dan berhati-hati ketika berkendara dalam keadaan hujan deras, disarankan, saat hujan itu, pengendara untuk menepi atau berteduh jika jarak pandang tidak memungkinkan.