Jelajah

Seluruh ASN di Pemkab Ponorogo Wajib Swadaya Bibit Untuk Penghijauan

Tidak ada lagi sejengkal tanah kosong di Ponorogo dibiarkan tanpa tanaman.Inii setelah Bupati Sugiri Sancoko menginstruksikan seluruh ASN di lingkungan Pemkab melakukan penghijauan. Karenanya setiap Organisasi Perangkat Daerah – OPD ada kegiatan menanam dimana lokasinya ditentukan oleh dinas lingkungan hidup – DLH.

Gulang Winarno, kepala DLH mengatakan intruksi itu sebenarnya sudah disampaikan pada akhir November 2023 dengan harapan bulan Desember sudah ada gerakan. Tapi ternyata, musim penghujan mundur sehingga baru akhir Januari bisa terlaksana.

Setiap ASN secara swadaya minimal membawa satu bibit pohon yang kemudian ditanam bersama-sama. Untuk jenis bibit tanaman sudah ditentukan, yakni tanaman keras yang produktif seperti buah-buahan. 

Selain bisa menghijaukan juga nantinya hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat. Beberapa Satker yang sudah memulai gerakan penghijauan diantaranya Satpol PP yang melakukan penghijaun gunung Gombak Nglarangan Kauman.

Dinas Perpusda menanam di sepanjang jalan di Pulung. Bukan hanya ASN saja tapi juga PKK dan dharma wanita, menanam pohon di wilayah Balong.