Jelajah

Ratusan Personil Diturunkan Untuk Amankan Pemilu 2024 di Ponorogo

Ratusan personil keamanan dari berbagai unsur, termasuk Polres, Kodim, BPBD, Satpol PP, dan BPBD, telah disiapkan untuk mengamankan proses pemilihan umum (pemilu) 2024. Persiapan ini terlihat dalam apel gelar pasukan Bulan Bakti TNI Polri di Lapangan Kodim. Selasa (6/2) pagi.

Setelah selesai apel, ratusan personil gabungan tersebut melaksanakan patroli skala besar di wilayah kota. Forkompimda juga turut serta dalam patroli tersebut.

Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, menjelaskan bahwa pada hari ini, 495 anggota pihaknya dilibatkan dalam pemeriksaan kesiapan anggota pengamanan menjelang hari pencoblosan. Setiap tahapan pemilu, seperti yang disampaikan oleh Kapolres, telah dijalankan dengan baik. Prioritas saat ini adalah pengamanan pengiriman logistik dari Gudang KPU Ponorogo ke Kecamatan masing-masing.

“Pola pengamanan TPS yang akan digunakan adalah satu polisi untuk dua TPS,” kata Kapolres Ponorogo.

Dia juga menekankan bahwa pihaknya bersama KPUD Ponorogo dan instansi terkait telah melakukan pemetaan terhadap 48 TPS yang berada di zona terpencil, jauh dan berpotensi bencana.

Untuk TPS yang rawan kejahatan atau kambtimas (kamtibmas), Kapolres memastikan bahwa di Ponorogo tidak ada TPS yang termasuk dalam kategori tersebut.

“Pergeseran anggota kepolisian menuju TPS akan dilakukan H-2 sebelum pencoblosan, yang artinya akan dilakukan pada pekan depan,” tambah Kapolres.