Jelajah

Pasar Pangan Murah di Balai Kelurahan Patihan Wetan Babadan Diserbu Warga

Ratusan orang harus rela antri dan berpanas-panas ria di tengah terik matahari demi mendapatkan sembako murah di Pasar Pangan Murah yang diadakan di Balai Kelurahan Patihan Wetan, Babadan, pada Senin, 1 April 2024. Selain beras SPHP, pasar tersebut juga menyediakan gula, terigu, dan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Harjono, anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Ponorogo, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Asisten 2 Sekda menyebutkan bahwa sekitar 10 ton beras SPHP disediakan dalam kerjasama dengan Bulog.

Selain itu, ada bahan makanan pokok lainnya seperti telur ayam broiler sebanyak 1 ton, minyak goreng refill 1 liter sebanyak 100 dus, dan gula pasir sebanyak 400 kilogram. Gerakan pasar pangan ini merupakan upaya Pemerintah untuk menstabilkan harga dan memastikan agar harga sembako berada di bawah harga pasaran.

Sementara itu, Wiji Lestari, salah satu warga, mengungkapkan bahwa dia memilih untuk membeli beras SPHP karena harganya lebih murah. Dia mendapatkan 5 kilogram beras hanya dengan harga 51 ribu, sementara harga normal di pasar sekitar 65 ribu per 5 kilogram.