Jelajah

Pemkab Ponorogo Targetkan Angka Stunting di Kisaran 7 Persen pada 2024

Pemkab Ponorogo menargetkan angka stunting di Ponorogo di kisaran 7 persen atau turun dari tahun lalu, meskipun angka tersebut sebenarnya sudah dibawah Nasional yakni kisaran 9 persen.

Seperti disampaikan Lies Suwarni seksi kesehatan keluarga dan gizi masyarakat dinas kesehatan dimana di tingkat Nasional, angka stunting angkanya kisaran 9 persen.

“Kalau target nasional di tahun 2024 sebenarnya kurang dari 14% ya, padahal pak bupati kemarin kan punya target di tingkat kabupaten kalau bisa 7 persen” terangnya kepada gema surya Sabtu (03/02).

Lies mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut, pada bulan Februari ini Dinkes akan melakukan pemantauan terkait pertumbuhan data balita di Kabupaten Ponorogo melalui kegiatan bulan timbang.

“Kita akan melakukan pemantauan terkait pertumbuhan data balita di Kabupaten Ponorogo melalui kegiatan bulan timbang. Mudah-mudahan hasilnya ada penurunan yang signifikan ya” tambahnya.

Menurutnya Selama 1000 hari pertama kehidupan anak, dimulai dari awal kehamilan hingga 2 tahun setelah lahir sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar agar tumbuh kembang optimal sehingga memperbaiki kualitas generasi termasuk stunting.