4 Februari Serentak Dilakukan Uji Coba, Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Bhayangkara Dibalik

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ponorogo akan memberlakukan uji coba jalan satu arah di sejumlah ruas jalan pada Ahad 4 Februari 2024. Uji coba perubahan arus lalu lintas tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi (rakor) bersama instansi terkait, termasuk dari Satlantas Polres Ponorogo.


Wahyudi Kepala Dishub Ponorogo mengatakan, jalan protokol yang diubah menjadi satu arus, diantaranya yakni Jalan Sultan Agung ke selatan, Jalan Ahmad Dahlan ke timur, dan Jalan Gajah Mada ke barat.

“Karena pembongkaran median jalan yang ditargetkan sampai 2 minggu ternyata sudah selesai, itu makanya akan diputuskan untuk pemberlakuan jalan satu arah, baik di Jalan Ahmad Dahlan dan Jalan Sultan Agung,” katanya ketika ditemui Rabu (31/1) siang.

Selain jalan-jalan tersebut, Kadishub juga menyebut jika Jalan HOS Cokroaminoto yang semula kearah selatan dibalik menjadi arah selatan utara. Begitu pula Jalan Bhayangkara juga diubah, yang semula satu arus ke utara menjadi kearah selatan.

“Maka secara otomatis, karena karena Jalan Sultan Agung itu menuju arah selatan, sebagai umpan balik Jalan HOS Cokro akan diarahkan ke utara. Karena pertimbangnnya adalah kalau itu dua duanya menuju arah selatan, sudah dipastikan Jalan Gajah Mada dan Jalan Jenderal Sudirman akan terjadi penumpukan yang luar biasa,” lanjutnya.

Wahyudi mengatakan, untuk Jalan Thamrin juga dibuat satu arus seluruh kendaraan ke arah barat. Sedangkan untuk Jalan dr. Sutomo juga demikian. Tapi karena banyak fasilitas umum, untuk Jalan dr. Sutomo masih ada beberapa pertimbangan.

Wahyudi mengaku, jika uji coba perubahan arus ini dimulai Ahad 4 Februari 2024 dengan batas waktu sekitar satu bulan percobaan. Jika nantinya selama masa percobaan dinilai layak, maka akan dibuat permanen.

Lebih lanjut, dirinya menyebut jika tim forum komunikasi lalu lintas masih melakukan persiapan terkait perubahan arus tersebut, mulai penambalan jalan bekas pembongkaran median jalan serta pemasangan rambu-rambu lalu lintas. (yd/rl/ab)