Simulasi Pemungutan Suara, Peserta Mengaku Ribet Dengan Lebarnya Kertas Surat Suara

Ratusan orang mengikuti simulasi pemungutan suara untuk pemilu 2024, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ponorogo di Tambak Kemangi Resort, Rabu 27 Desember 2023.


Rata-rata mereka bingung, khususnya untuk calon legislatif yang jumlahnya sangat banyak. Selain itu, lembar surat suara terlalu besar sehingga sulit dilipat.

Seperti disampaikan Hartini salah satu peserta simulasi, kesulitan dengan banyaknya jumlah surat suara. Selain itu bingung lantaran surat suara yang digunakan terlalu lebar.

Sementara Munajat Ketua KPU Ponorogo mengatakan, simulasi yang digelar tersebut untuk memastikan kesiapan pemungutan suara sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh KPU.

Dimulai registrasi pemilih, mencoblos surat suara, hingga memasukkan ke dalam kota suara. Selain itu juga dilakukan tata cara perhitungan dan perekapan hasil suara.

Masih kata Munajat, simulasi tersebut menggunakan lima jenis surat suara yakni Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten. Sehingga diharapkan masyarakat beserta PPK dan PPS memiliki gambaran tentang pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain itu, dalam proses simulasi rekapitulasi juga digunakan Sirekap (Sistem Aplikasi Rekapitulasi) yang nantinya akan digunakan setelah perhitungan suara.

Sehingga nantinya rekapitulasi tidak hanya berbentuk fisik saja tapi juga salinan elektronik. (yd/rl/ab)