Puskesmas Ngebel Buka D’jampi Cafe, Suguhkan Menu Minuman Kesehatan

Gebrakan baru dilakukan Puskesmas Ngebel Ponorogo yang berinovasi dengan membuka D’jampi Cafe. Hanya saja, kafe yang didirikan sedikit berbeda dengan cafe-cafe lainnya dimana menyuguhkan menu minuman tradisional yang sarat dengan kesehatan.


Bupati Sugiri Sancoko mengungkapkan, Puskesmas Ngebel berada di lokasi yang menjadi jujukan wisata. Sehingga harus bisa berinovasi dan bisa berkombinasi dengan wisata. Serta harus bisa menjadi ekosistem wisata. 

Menurutnya bermacam-macam minuman yang menyehatkan tersedia di D’jampi Cafe dengan bahan bakunya berasal dari tanaman toga. Misalnya minuman kelang, rosela, manjakani, kunir, dan menu minuman yang berasal dari obat-obatan tradisional.

Masih kata Kang giri, kedepan dirinya ingin di depan cafe nanti akan ada gazebo atau payung yang bagus. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung maupun telaga dan hawa alam sejuk sambil minum jamu yang diracik dengan cara enak.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti mengungkapkan, bahwa D’jampi Cafe merupakan buah dari inovasi Puskesmas Ngebel.

Lokasi puskesmas berada di kawasan wisata Telaga Ngebel, sehingga fasilitas kesehatan di wilayah itu harus bersinergi terpadu dengan semuanya.

Dyah Ayu bilang, D’jampi Cafe menawarkan berbagai produk herbal baik makanan dan minuman. Produk itu semua mempunyai manfaat untuk kesehatan. Selain itu, yang terpenting produk itu semuanya alami. (yd/rl/ab)