Jangan Sepelekan, Terlalu Lama Terpapar Kipas Bisa Berdampak ke Kesehatan

Gelombang panas yang melanda beberapa wilayah, termasuk Ponorogo, telah membuat masyarakat merasa gerah dan mengeluhkan kondisi cuaca yang tidak nyaman, Akibatnya kipas angin dan AC yang biasanya hanya dinyalakan sesaat, kini bisa bekerja non-stop hingga 24 jam, bahkan saat tidur. Penggunaan AC dan kipas angin yang berlebihan ternyata tidak hanya berdampak pada tagihan listrik, tetapi juga pada kesehatan tubuh.


Seperti yang diungkapkan oleh dr. Danang dari RSU Muhammadiyah Ponorogo, bahwa penggunaan AC dan kipas angin yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan, Terutama paparan langsung kipas angin pada daerah wajah dapat menyebabkan Bell’s palsy atau kerusakan saraf wajah. Selain itu, jika kondisi ruangan tidak bersih, hal ini dapat memicu alergi seperti gatal dan gangguan pernafasan.

Untuk menghindari risiko kesehatan, Danang menyarankan agar kipas angin tidak diarahkan secara langsung ke tubuh, khususnya wajah, dia juga menekankan bahwa kebersihan ruangan sangat penting untuk menghindari potensi masalah kesehatan. Selain merawat tubuh, masyarakat diingatkan untuk memperhatikan kondisi udara sekitar agar tetap sehat dan nyaman meskipun cuaca panas.