Jelajah

Wujudkan Bringinan Bebas Gila, Pemdes Bringinan Jambon Launching Posyandu Jiwa

Pemerintah Desa Bringinan Jambon terus berupaya mewujudkan wilayahnya bebas gila. Selasa (1/11) desa yang dipimpin Barno ini me-launching Posyandu jiwa.

Kepada Gema Surya Kades Barno mengatakan, jika sebelumnya pihaknya telah membentuk Bringinan bebas gila (BBG) yang didalamnya ada relawan tanpa digaji sejak tahun tahun 2013.

“Dengan adanya launching kemarin (Rabu 1 November 2023), Bringinan punya posyandu jiwa. Tentunya nanti kebijakan desa melalui anggaran APBdes mengalokasikan anggaran paling tidak untuk alat kesehatan atau vitamin, atau sebagai kader bisa memberikan insentif,” kata Barno melalui sambungan telepon, Kamis (2/11).

10 tahun berjalan ternyata keberadaannya cukup membantu, dimana dari 17 orang dengan gangguan jiwa yang ditangani, ternyata 10 orang diantaranya sudah sembuh dan kembali beraktivitas di masyarakat.

Saat ini tinggal 7 orang saja yang mendapat perhatian khusus sehingga dengan didirikannya Posyandu jiwa diharapkan bisa mempercepat pemulihan. Dengan Posyandu jiwa, pihaknya bisa menganggarkan secara khusus melalui APBdes. (rl/ab)