Headline

Cegah Balap Liar, Polres dan Dishub tambah Speed Bump di jalan Baru Suromenggolo

Satlantas Polres Ponorogo menyesalkan aksi balap liar di jalan Baru Suromenggolo yang berujung perusakan sepeda motor milik pelaku oleh massa seperti video viral yang terjadi Ahad dinihari, 22 Oktober 2023. Ipda Abdul Khalik Khalik, Kanit kamsel Aatlantas Polres mengakui, meski tindakan main hakim sendiri tak dibenarkan, pihaknya memahami tindakan warga tersebut sebagai bentuk kegeraman karena ulah para pelaku yang seakan tak pernah kapok untuk terus mengulangi aksinya.

Karena itu, pihaknya berharap ke depan, kasus seperti ini tidak terulang kembali. Dijelaskan, sebenarnya selama ini berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah aksi balap liar. Seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah dan razia setiap hari libur di titik-titik yang biasanya dijadikan lokasi balapan.

Hanya saja ketika petugas melakukan razia, mereka sering berpindah-pindah lokasi, sehingga pihaknya sedikit kesulitan. Sebagai buntut dari kejadian tersebut, pihaknya telah berkoordinasi bersama dengan Dinas Perhubungan dan warga masyarakat untuk menambah jumlah speed bump di jalan Baru, sesuai dengan kebutuhan. Langkah ini dianggap efektif untuk menekan aksi balap liar.

Sebelumnya ramai di media sosial, video yang merekam insiden aksi yang diduga balap liar di jalan baru Suromenggolo Ponorogo Ahad dini hari. DalamĀ  video itu terlihat kemarahan sejumlah warga yang tengah berada di sekitar lokasi yang merasa terganggu dengan kebisingan dan membahayakan pengguna jalan lain. Karenanya di saat ada salah satu pembalap terjatuh, warga yang sudah menunggu di lokasi langsung merusak motor pelaku.