Jelajah

Kota Kreatif, Ponorogo Digelontor 1,4 Miliar untuk Pembangunan Gedung Kreatif di Eks Pasar Lanang

Tak sia-sia usaha Pemkab menjadikan Ponorogo sebagai kota kreatif. Buktinya pemerintah pusat memberikan apresiasi dengan mengucurkan anggaran Rp1,4 miliar untuk pembangunan gedung kreatif.

“Itu sudah dininali, layak, dan memang jadi kota kreatif. Kami yang telah lolos menjadi kota kreatif Indonesia ini mendapat apresiasi Rp1,4 miliar untuk membangun gedung kreatif,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Judha Slamet Sarwo Edi 

Rencananya pembangunan gedung kreatif akan didirikan di lahan eks Pasar Legi Selatan. Lokasi tersebut dinilai sangat strategis lantaran letaknya berada di tengah tengah kota dan pusat keramaian.

Gedung kreatif nanti akan menjadi pusat kegiatan dari kesenian, kuliner hingga kriya batik. Kriya batik nanti juga difokuskan dengan batik ponoragan.

“Itu nanti untuk gedung kreatif, isinya berbagai industri kreatif, sasana untuk kreasi, ada kulinernya, seni pertunjukkan, lha semua di Ponorogo ini punya,” tambah Judha.

Lebih lanjut dikatakan, jika Ponorogo sudah lolos untuk dinobatkan sebagai kota kreatif. Karenanya untuk mendukung predikat tersebut, pihaknya akan kembali menggelar pekan kreatif Ponorogo pada 24 hingga 28 Oktober 2023 di  Alun-alun.

Acara yang digelar diantaranya pameran dan bazar ekonomi kreatif, penampilan musik dan seni pertunjukan, lomba batik pelajar, kenduri gethuk, dan jajanan pasar, festival gerabah ponoragan, kopi ponoragan, dan masih banyak lagi. (rl/ab)