HeadlineJelajah

Bupati Sugiri Uji Coba Budidaya Beternak Sapi Madura

Ada yang beda halaman belakang rumah pringgitan Bupati Sugiri Sancoko. Pasalnya belasan sapi berukuran kerdil berkeliaran bebas. Belasan sapi tersebut merupakan sapi jenis Madura yang dipelihara Bupati sejak 2 bulan terakhir. Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan pihaknya sedang melakukan uji coba budidaya Sapi Madura ini. Sapi Madura adalah spesies Sapi asli Indonesia. Di Madura, jumlahnya ribuan dan dilepas di hutan. Menurutnya walau ukuranya kecil namun untuk daging super harganya juga tinggi di pasaran. Kendati memiliki daging berkualitas super tapi harga beli satu ekor Sapi Madura terbilang cukup murah. Yakni kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta. Bila dibudidayakan dengan kawin silang dengan bibit sapi Limosin dan Brahman maka dipercaya keturunannya akan memiliki ukuran besar seperti pejantannya.

Sugiri mengaku, kendati memiliki potensi pangsa pasar yang cukup menjanjikan, namun dirinya belum melakukan sosialisasi budidaya Sapi Madura ini ke warga. Hal ini akan dilakukan bila uji coba budidaya ternak Sapi Madura miliknya berhasil dahulu. Orang nomor satu di Pemkab ini berharap, budidaya Sapi Kerdil Madura ini bisa mengisi pangsa pasar kelas menengah ke bawah, yakni di angka Rp 6 hingga Rp 7 juta. 

“Jadi dapat dijangkau semua masyarakat, bukan hanya kelas menengah ke atas namun juga menengah ke bawah. Apalagi untuk hewan kurban, orang tidak lagi butuh puluhan juta untuk beli sapi kurban” Kata Sugiri