Jelajah

Gunung Kotak Desa Kambeng Slahung Membara, Sempat Membuat Warga Panik

Gunung Kotak di Petak 60 A3 RPH Guyangan, KPH Lawu, Ponorogo, kebakaran pada Selasa (10/10) petang. Sekitar 3,5 hektar lahan yang berisi serasah daun jati dan alba dilalap si jago merah dalam insiden tersebut. Meskipun tidak ada laporan tentang kerugian atau korban jiwa dalam peristiwa ini, kebakaran ini sempat membuat panik warga sekitar, karena titik api berjarak hanya 100 meter dari pemukiman mereka.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Agung Prasetyo, berkoordinasi dengan TNI, Polri, Perhutani, Pemerintah Desa Kambeng, relawan, dan warga setempat, untuk gotong royong memadamkan api meski secara manual.

Upaya pemadaman difokuskan pada titik api yang berada dekat dengan pemukiman penduduk, dengan harapan agar tidak semakin meluas. Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.20 WIB.

Hingga saat ini, penyebab pasti dari kebakaran hutan dan lahan ini belum diketahui. Tim berwenang akan terus melakukan investigasi untuk mengungkap akar masalah dari peristiwa tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mencegah insiden serupa.