Jelajah

3 Bacaleg Mundur Jelang Penyusunan Daftar Calon Tetap, KPU Hormati Keputusan

Tiga bakal calon legislatif (bacaleg) yang tercantum dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Pileg 2024 di Ponorogo mengundurkan diri. 3 Bacaleg itu yakni dari Partai Demokrat, Partai Gelora, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Seperti disampaikan Arwan hamidi, komisioner KPU kabupaten Ponorogo, mundurnya 3 bacaleg itu diketahui setelah partai politik (parpol) di Ponorogo menyerahkan hasil pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Dalam proses rancangan DCT kemarin itu memang ada 3 bacaleg yang mundur yang sebelumnya sudah masuk dalam DCS ” katanya kepada gema surya Ahad (08/10)

Tidak diketahui pasti alasan mundurnya 3 bacaleg itu ,namun langkah itu merupakan hak mereka dan tentunya sudah dengan persetujuan parpol. Selain mundur, ada 13 calon baru pengganti yang diajukan parpol jelang penetapan DCT, dimana Secara total kata dia, ada 17 parpol yang menyerahkan hasil pencermatan DCT. 

“Jadi kami  menghormati keputusan pribadi masing-masing baclaeg tersebut, 

Sekaligus memang keputusan dari partai politik pengusungnya dimana bacaleg tersebut mencalonkan diri” tambahnya.

Arwan menambahkan saat ini masuk tahapan verifikasi administrasi mulai 4 Oktober hingga 3 November 2023, pihaknya sedang melakukan verifikasi administrasi (vermin) 4 hingga 18 Oktober. Tahapan selanjutnya akan rekap DCT 19-23 Oktober, dan akan memasuki tahap penyusunan DCT 24 Oktober-2 November nanti, kemudian ditetapkan 3 November dan diumumkan sehari setelahnya 4 November 2023.