Jelajah

Dampak Musim Kemarau, Tiga RT di Desa Pangkal Sawoo Melaporkan Kekeringan

Desa Pangkal Sawoo melaporkan kekeringan terjadi di wilayahnya, dimana ada ada tiga RT yang mengalami kekurangan air dalam sepekan terakhir. Tiga RT tersebut, yakni RT02 RW07, RT01 RW08 dan RT02 RW08 masuk Dukuh Krajan Desa pangkal Kecamatan Sawoo Ponorogo. 

Seperti disampaikan Arif Widodo dari majelis tabligh Pimpinan daerah Muhammadiyah yang membina masyarakat yang ada di sana, di daerah tersebut kalaupun ada air, mengalirnya hanya malam hari. 

“Jadi yang terjadi saat ini karena sumber air itu sudah semakin sulit, sehingga warga kesulitan untuk air bersih. Jadi air yang mengalir itu biasanya bisa mengalirnya malam, jadi itu hanya cukup untuk minum saja” terangnya kepada gema surya Sabtu (17/10).

Sedangkan untuk kebutuhan lain seperti mencuci, mandi dan sejenisnya, warga harus berjalan kaki, ke sungai yang ada bilik-bilik untuk mengambil air.  Menurutnya tahun lalu Desa Pangkal tidak mengalami kekeringan air bersih, namun tahun ini, dengan belum datangnya musim penghujan, kekeringan sudah mulai dirasakan warga di tiga RT tersebut. 

“Tahun kemarin enggak, tahun ini, karena mungkin musim kemarau yang panjang, sehingga menyebabkan kekeringan” tambahnya. 

Sebenarnya kata Arif pihaknya sudah mengajukan bantuan sumur dalam ke salah satu yayasan di Yogyakarta, namun hingga saat ini belum disetujui. Di sisi lain yang cukup melegakan, BPBD Ponorogo sudah menyetujui untuk melakukan droping air bersih, direncanakan dalam waktu dekat minimal 5000 liter air bersih akan di kirim ke Desa Pangkal lagi, bahkan jerigen juga akan diberikan oleh pihak BPBD Ponorogo bagi warga yang terdampak.