AdvertorialHeadlineJelajah

Penutupan Pendidikan Karakter SMK Pemkab Dihadiri Dandim 0802

Ada yang istimewa di lapangan Seblabur, Setono, Jenangan Jumat pagi, 22 September 2023. Ribuan pelajar SMK Pemkab Ponorogo tampak bersemangat mengikuti penutupan pendidikan karakter, buah kerjasama pihak sekolah dengan Kodim 0802 Ponorogo. Acara penutupan sendiri dihadiri langsung oleh Dandim 0802, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han yang sekaligus berkesempatan memberikan wejangannya. Erwin Yusnarno ST, Kepala sekolah SMK Pemkab menyampaikan, kegiatan pendidikan karakter ini merupakan kegiatan tahunan yang diikuti semua tingkatan, mulai dari kelas 10,11 hingga 12 yang dimulai sejak tiga pekan lalu. 

Selama tiga minggu mereka digembleng oleh anggota TNI dari Kodim 0802, mulai dari materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), senam ala militer hingga pendidikan wawasan kebangsaan. Dijelaskan, awalnya pendidikan karakter hanya berkutat membentuk anak-anak bisa sehat jasmani dan rohani dengan materi-materi fisik. Namun, seiring dengan kurikulum merdeka dengan tema bangunlah jiwa dan raganya, maka pihak sekolah memasukkan materi-materi lain yang sesuai dengan kondisi saat ini. Tujuannya, mempersiapkan generasi muda ketika sudah lulus, dimanapun mengabdi, punya kemampuan mumpuni sehingga harus disiapkan sebaik2nya. Anak-anak antusias, menikmati, karena tidak ada perpeloncoan dan kekerasan, dibuat sedemikian rupa sehingga meski pendidikannya dibuat ala-ala militer, anak2 bisa menikmati dan enjoy menikmati program-program yang diberikan oleh anggota Kodim.

Sementara Kapten Fahrozi Pasipers Kodim 0802 menyampaikan, ada 14 personel Kodim 0802 diterjunkan untuk melatih anak-anak dalam pendidikan karakter di SMK Pemkab tersebut. Sebagai salah satu cara melatih kedisiplinan, bagi anak-anak yang terlambat dikasih sanksi. Sehingga diharapkan, dari ilmu yang diterimanya selama pendidikan, ketika mereka lulus atau memasuki dunia kerja, memiliki disiplin, punya mental dan daya juang tangguh. Karena karakter seperti itulah yang kini dibutuhkan saat memasuki dunia kerja.