Kebakaran Kandang di Suren Mlarak, 10 Ekor Kambing Hangus Terpanggang

10 ekor kambing terbakar hidup-hidup di Desa Suren Mlarak, setelah kandangnya habis di lalap si jago merah. Berawal membakar sampah di dekat kandang lantas ditinggal mengambil pakan ternak oleh pemilik. Meski tak lama, ternyata api sudah melahap habis bangunan kandang yang terbuat dari kayu tersebut.


Iptu Rosyid Efendi Kapolsek Mlarak menceritakan, kejadian tersebut terjadi pada Minggu Pagi, 17 September 2023, pemilik kandang bernama Muksin yang berprofesi sebagai petani. Awalnya istri pemilik bernama Marlin membakar sampah dekat kandang, kemudian ditinggal mengambil pakan ternak yang lokasinya tidak jauh dari kandang. Kemudian selang 15 menit saat kembali ke kandang, api sudah membesar dan berkobar hingga ke bagian dalam kandang. Lantaran kondisi cuaca yang kering dan angin, api mudah sekali membesar hingga 10 kambing yang ada didalamnya tidak sempat diselamatkan.

Setelah membesar, warga dibantu Polsek dan Koramil berusaha memadamkan dengan manual. Dalam kurun waktu 1 jam api sudah berhasil dipadamkan namun sayangnya hewan ternak didalamnya tidak ada yang selamat. Bangunan kandang sangat rapat dan tertutup sehingga kesulitan untuk menyelamatkan kambing-kambing naas tersebut. Sementara itu, kerugian diperkirakan mencapai Rp 20 Juta. Pihaknya menghimbau, warga agar lebih berhati-hati lagi saat membakar sampah. Di musim kemarau ini sudah banyak sekali catatan terkait kebakaran baik itu rumah atau hutan dan lahan.