Jelajah

12 Pengemis Terjaring Razia Dinsos Ponorogo, Ada Anak-Anak

Keberadaan pengemis dan orang terlantar ternyata masih banyak ditemui sepanjang jalan Ponorogo. Seakan Kota Reyog masih menjadi jujugan mereka untuk mengais rejeki.  Terbaru Dinas Sosial P3A Ponorogo mejaring 12 pengemis dan orang terlantar. Mereka rata-rata dari luar daerah.

“Hanya 3 orang dari Ponorogo, sisanya Sleman, Pacitan, Madiun,” kata Kepala Dinas Sosial P3A Ponorogo, Supriyadi.

Mirisnya, dari 3 pengemis asal Ponorogo tersebut dua diantaranya masih anak-anak. Menurut Supriyadi, anak-anak itu sudah dikembalikan ke orangtuanya dan diupayakan bisa sekolah kembali.

“Jika orangtua mereka sudah tidak mampu mengasuh mereka, terpaksa kami titipkan ke LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Anak),” jelasnya

Dijelaskan untuk orang terlantar, pihaknya mendapati sedang tidur di panggung utama Aloon-Aloon Ponorogo. Saat itu sebelumnya ada yang melaporkan, praktis pihaknya segera tutun tangan. Saat ini tengah dilakukan assesment di Kantor Dinsos, lantaran alamat yang disampaikan belum jelas.

“Orang terlantar atas nama Mulyadi itu warga Kediri, tapi simpang siur lokasi alamat tempat tinggalnya, jadi masih kami telusuri,”

Dia menambahkan, jika nantinya sudah jelas maka pihaknya akan mengembalikan orang tersebut ke keluarganya. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kediri