HUT Kemerdekaan RI ke-78 Ketua DPRD Ponorogo Soroti Kualitas Pendidikan

Di hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, semangat berkorban demi bangsa dan negara kembali dikobarkan. Hal itu disampaikan Sunarto Ketua DPRD Ponorogo sesuai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo. Menurutnya, semangat berkorban harus bisa diimplementasikan di daerah. Apalagi di tahun 2045 Indonesia menuju emas.


Lanjut Sunarto, menuju Indonesia tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Misalnya wilayah Kabupaten Ponorogo kata Sunarto, kualitas pendidikan harus semakin di tingkatan. Harus sekolah yang berlabel negeri dengan fasilitas yang ada harus bisa menjadi daya tarik oleh calon wali murid. Namun kenyataan mereka kalah dengan sekolah swasta

“Faktanya hari ini sudah banyak sekolah dasar atau yang sederajat swasta, dengan biaya yang lebih tinggi itu tahun depan sudah penuh, bahkan hingga menolak. Sedangkan negeri dengan berbagai fasilitas kekurangan murid,” tambahnya.

Masih kata Sunarto, saat ini orang tua mencari sekolah swasta yang berkualitas meskipun dengan biaya pendidikan yang lebih mahal. Sehingga pihaknya meminta sekolah yang berlabel negeri harus mempunyai improvisasi pengajaran. Agar bisa bersaing kualitas dengan sekolah swasta. 

Sunarto mengungkapkan jadi ketika sekolah negeri tidak memperoleh siswa tidak hanya meratapi saja. (yd/rl/ab)