Penampilan 320 Reyog Pukau Penonton Ribuan Pasang Mata

Sebanyak 320 reog tampil di Alun-alun Ponorogo dalam penyelenggaraan gebyar Serenade Reog Obyok yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo pada Kamis 10 Agustus 2023. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo yang ke-527 sekaligus sebagai penghargaan kepada penggiat seni reog.


Seperti disampaikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang mengatakan Reog obyok di wadahi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo yang ke-527 dimana dalam acara ini menampilkan 320 dadak merak, bujang ganong dan jathilan, sehingga mampu membangkitkan antusiasme masyarakat yang turut menyaksikannya, menurutnya acara ini bukan hanya sebuah pertunjukan, melainkan juga menjadi bukti keberlanjutan Reog yang luar biasa.

“Ada 320 dadak merak yang kami orkestra kan, memang reog kan selalu membuat antusias” katanya kepada wartawan Kamis (10/08).

Kang giri bilang Kegiatan ini dinamakan serenade pasalnya pihaknya Tak ingin pagelaran ini hanya menjadi sebuah tontonan, tetapi juga sebuah orkestra kesenian dan alunan nyanyian di sore hari, sehingga Serenade memiliki peran penting dalam mempersatukan masyarakat.

“Kami kasih nama serenade, sebuah alunan sebuah nyanyian, sebuah kidung sore” imbuhnya.

Gendang dan gong yang mengiringi pertunjukan Reog mampu memikat hati banyak orang yang menggambarkan kekuatan dan nilai seni yang terkandung dalam setiap gerakan

“Gong ditabuh gendang ditabuh wong podo gembruduk, itulah kekuatan” Pungkasnya.