Website DolanNgebel.Com Buatan Dosen UMPO Resmi Diserahkan ke Kecamatan Ngebel

Website DolanNgebel.com buatan Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) secara resmi diserahkan pengelolaannya ke Kantor kecamatan Ngebel Rabu (09/08). DR Dian suluh Kusuma Dewi M.ap Dosen UMPO mengatakan website DolanNgebel yang dirintis sejak tahun 2020 tersebut diharapkan bisa dikelola sebaik baiknya oleh Kecamatan Ngebel guna mempromosikan pariwisata yang ada disana.


“Sangat siap, Kami sangat berharap, jadi karena memang kemaren itu kami juga berkolaborasi dengan teman-teman dinas pariwisata dengan ekosistem pariwisata, artinya masyarakat jangan kaget jika nanti banyak wisatawan yang datang” katanya kepada gema surya Kamis (10/08).

Dian menceritakan, awalnya membuat website dolanngebel karena mendapatkan hibah dari penelitian Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk pengembangan Pemerintah berbasis elektronik, kebetulan beberapa tahun terakhir bersama kelompoknya ia melakukan penelitian di bidang pariwisata terutama di Ngebel.

“Memang website dolanngebel ini hasil produk riset kami, yang dibiayai kemendikbud ristek dikti, program ini kami lakukan bertiga 1 kelompok mulai tahun 2020” katanya.

Dalam website tersebut sangat lengkap bukan hanya menampilkan tempat tempat wisata di Ngebel melainkan juga hotel, restorant, budaya, event hingga detail lokasi. Yang tak kalah penting semua informasi yang ada dijamin akurat lantaran pihaknya terjun langsung mencari data informasi hingga penelitian.

Dian menambahkan, Meski sudah diserahkan resmi ke Pemerintah Kecamatan Ngebel dan dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga (Disbudparpora) namun pihaknya masih melakukan pendampingan hingga tahun 2025 nanti, untuk memastikan website yang di ibaratkan sedang dalam dalam fase “lucu-lucunya seperti anak umur 3 tahun” ini, tidak layu sebelum berkembang.

“website ini meskipun saat ini sudah kami serahkan ke pihak kecamatan, namun si kalau saya ngomong website ini kan seperti anak kecil umur 3 tahun yang sedang lucu-lucunya, jangan sampai si anak kecil yang sedang lucu-lucunya ini layu sebelum berkembang, jadi insya allah kami akan mendampingi sampai 2025” imbuhnya.

Sementara Dwi Cahyanto Camat Ngebel mengaku bersyukur dan berterima kasih dengan disahkannya website Dolanngebel.com ke Pemerintah Kecamatan, dia meyakini website itu sangat membantu mempromosikan tempat wisata di ngebel termasuk usaha pariwisata dari hotel, restoran dan rumah makan, Pihaknya akan mengelolanya sebaik mungkin dan berharap Ngebel tak hanya dikenal masyarakat lokal Ponorogo tapi dunia.

“Kami akan kelola dengan baik, dan akan kami teruskan, karena ini betul-betul sangat membantu sekali, baik propaganda atau promosi-promosi obyek wisata telaga ngebel, termasuk didalamnya ada penginapan juga ada rumah makan dan sebagainya, jadi bisa kita mempromosikan melalui web tersebut” jelasnya kepada gema surya Kamis (10/08).

Sementara acara penyerahan berlangsung lancar dan sukses, dihadiri 37 pengusaha pariwisata, Disbudparpora serta Forpimka.

“Kemarin hadir di ngebel di Rm.Bu lis 2, acara ceremonial yang dihadiri keluarga besar universitas muhammadiyah fakultas fisip, beserta stakeholder wisata ngebel, forpimka dll juga hadir” pungkasnya.