Bupati Sugiri Proyeksikan Target PAD 2024 Capai 1 Triliun, BPPKAD Lakukan Pemetaan Potensi Sumber Pendapatan

Pemkab Ponorogo dituntut kerja keras untuk bisa merealisasikan target PAD 2024, Rp 1 Triliun. Oleh karena itu berbagai potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mulai dipetakan. Pemkab Ponorogo tengah merumuskan berbagai peluang yang dapat digenjot demi peningkatan pendapatan. 


Sumarno Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD)  menjelaskan rumusan itu nanti yang akan menentukan kenaikan target untuk PAD tahun depan. Pasalnya apa yang disampaikan Bupati Sugiri, target PAD tahun depan bisa 3 kali lipat masih sebuah proyeksi. 

Sumarno mengungkapkan bahwa sejumlah potensi mampu menjadi sumber PAD tambahan. Diantaranya retribusi Pasar Legi, Museum Reog dan Museum Peradaban (MRMP) yang saat ini tengah dalam proses pembangunan, serta rumah sakit baru di Bantarangin, Kauman. Tahun ini realisasi PAD Ponorogo berkisar Rp 310 Miliar/tahun. Capaian ratusan itu berasal dari seluruh sektor pendapatan sah yang masuk kas daerah. Misalnya retribusi pajak, maupun potensi pendapatan lainnya.