Siswi SDN 5 Krebet Jambon Juara Lomba Bertutur Antar SD MI Tingkat Provinsi

Salah satu siswa kelas V SDN 5 Krebet Kecamatan Jambon mengukir prestasi dalam lomba bertutur antar SD/MI se Jawa Timur. Siswa tersebut bernama Rofiah Al-faijah Yang mengangkat cerita Tong-tong Srot tentang legenda asal Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo, putri pasangan Birno dan Eka Dewi Fitri ini, berhasil menyisihkan 23 pesaing yang pesaing yang merupakan perwakilan Kabupaten atau Kota dalam lomba di Grand City Mall Surabaya yang dilaksanakan Rabu 2 Agustus 2023. 


Seperti yang disampaikan Rofi sapaannya kepada gema surya dimana saat perlombaan dirinya sempat grogi, kesulitan yang dialami yakni saat perubahan cepat karakter suara setiap peran, apalagi perubahanya dilakukan secara cepat. Meski begitu akhirnya berhasil menguasai keadaan dan bisa memberikan penampilan yang terbaik, bahkan saat selesai tampil pun ketika ditanya juri, ia bisa menjawab menggunakan suara karakter yang dibawakan.

“Ndredeg-ndredeg, tapi saya itu sudah siap. Membawakan cerita tong tong srot” ujarnya kepada gema surya (05/08) 

Semantara itu Taufiq Amron S.Pd guru pembimbing dari SDN 5 Krebet Kecamatan Jambon mengatakan bersyukur serta bangga dengan prestasi anak didiknya, di tengah keterbatasan fasilitas namun tidak menyurutkan semangat  anak didiknya. Perjalanan ROFIAH Al faijah menjadi juara lomba bertutur antar SD/MI se Jawa Timur juga sangat panjang, di mulai dari juara di Kecamatan hingga Kabupaten, yang akhirnya gadis kecil ini bisa mewakili Ponorogo ke jawa timur dan memperoleh juara satu. 

“Alhamdulillah untuk ananda Rofiah, itu awalnya diseleksi di Perpusda, mendapat juara satu dan Alhamdulillah berkat doa dan dukungan seluruh warga ponorogo, dan juga pihak perpusda, bimbingan dari kak Ucon juga, alhamdulillah kita bisa mendapat juara satu di tingkat provinsi” katanya. 

Sementara itu Vita Nursari Pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Ponorogo mengatakan dirinya bersyukur peserta dari Ponorogo ini memperoleh juara 1 di tingkat jawa timur, pasalnya pihaknya menargetkan juara pertama tahun ini. Menurutnya sosok Rofi merupakan siswi yang masih polos dan lugu dan jauh dari gadget, pasalnya sekolah yang berada di pinggiran Kecamatan Jambon juga. lanjut Vita Berbeda dengan sebelumnya yang mengusung sejarah Reog Ponorogo, Rofi mengangkat cerita Tong-tong Srot tentang legenda asal Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo. 

Naskah cerita itu karya Safi Chandra Waskita yang memenangi lomba penulisan konten lokal yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Ponorogo. Menurutnya, lomba bertutur merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca di kalangan anak-anak, Tujuannya untuk menumbuhkembangkan kreativitas dengan merangsang kerja otak dan imajinasi.