Jelajah

Umbul-umbul Agustusan Mulai Marak, PLN Beri Rambu-rambu Pemasangan

Memasuki Agustus, warga Ponorogo dengan semangat menyambut bulan kemerdekaan RI. Salah satu ekspresi yang ditampilkan adalah dengan menghiasi permukiman dengan memasang umbul-umbul merah putih dan lainnya.

Sayangnya, pemasangan umbul-umbul yang biasanya menggunakan bantuan lonjoran bambu atau tali dari pohon ke pohon ini relatif beresiko. Terutama pada keselamatan pemasang maupun pengguna jalan apabila umbul-umbul ini terletak di dekat kabel jaringan listrik.

PLN pun meminta masyarakat harus memperhatikan faktor keamanan pemasangan umbul-umbul, bendera, lampu hias hingga spanduk sepanjang jalan. Mengingat dengan umbul-umbul yang menjulang tinggi akan berdampak bahaya jika terkena jaringan listrik.

“Dari PLN mengimbau, agar nanti pemasangan umbul-umbul agar tidak dekat dengan jaringan. Jaraknya paling tidak 2,5 meter dari jaringan. Karena nanti kalau terkena angin menyentuh jaringan dikhawatirkan akan padam, atau ada orang yang menyentuh ke umbul-umbul dikhawatirkan terkena arus,” kata Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ponorogo, Joko Prasetyo. 

Ia khawatir jika tidak memperhatikan jarak aman, akan berdampak pada gangguan jaringan listrik dan membahayakan keselamatan masyarakat. (rl/ab)