Operasi Patuh Semeru, Polres Terjunkan Puluhan Personil Sasar 7 Pelanggaran

Puluhan personil Polres Ponorogo diturunkan dalam operasi patuh Semeru 2023 yang mulai digelar 10 – 23 Juli 2023.


“Hari ini tadi kami mengadakan kegiatan apel gelar pasukan, yang dihadiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan DISHUB, untuk kegiatan operasi patuh, seluruh Jawa Timur mulai hari ini 10 Juli sampai 13 hari ke depan di tanggal 23 Juli, akan diadakan operasi patuh Semeru 2023,” kata Kanit Kamsel Satlantas Polres Ponorogo, Ipda Abdul Kholik.

Dalam operasi yang digelar selama 13 hari tersebut, ada 7 sasaran yang nantinya bisa dikenai tilang yakni  pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara ranmor yang masih dibawah umur, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, dan pengendara ranmor R4 yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengemudi dipengaruhi alkohol/narkotika/obat terlarang, menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan dan Melawan arus lalu lintas.

Ada sekitar 70 an personil yang dilibatkan, dimana tujuan digelar operasi patuh adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas sekaligus menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

Pihaknya dalam kegiatan tersebut tetap mengedepankan edukasi dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik.

Adapun wilayah yang menjadi atensi adalah kawasan tertib lalu lintas, seperti Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Diponegoro, dan Jalan Jendral Sudirman. (rl/ab)