Jelajah

Ngonten Mancing Ikan di Kolam Taman Pendopo Kabupaten Dibawa Pulang, Disesalkan DLH

Dinas lingkungan hidup DLH menyayangkan aksi mancing ikan yang dilakukan sekelompok pemuda di kolam taman Blok Macan atau depan pendopo Agung Pemkab Ponorogo. Apalagi aksi tersebut bukan hanya untuk konten di tik-tok semata tapi juga membawa pulang ikan-ikan yang telah  dipancing. 

Kabid pengelolaan sampah dan pertamanan DLH, Kamsun mengatakan, jika melihat video yang beredar di Medsos, ikan hasil mancing yang dibawa pulang mencapai satu tas kresek. Sehingga yang dikhawatirkan, akan memberi contoh pengunjung lainnya berbuat aksi sama ramai-ramai mancing di kolam di patung macan.

Padahal pemanfaatan fasilitas umum, semestinya untuk kepentingan bersama bukan pribadi. Jika niatnya bikin konten menghibur atau lucu-lucuan, ikan yang diambil harus dikembalikan lagi dalam keadaan hidup.

Lebih lanjut dikatakan jika jenis ikan yang ada di kolam taman Pemkab beragam dari nila, lele hingga patin. Hanya saja tidak mudah menempatkan ikan di kolam tersebut lantaran harus tahan akan terik matahari.

Sebenarnya masalah pengawasan bukan menjadi ranah DLH sebab tugasnya hanya pengisian bibit ikan hingga pengurasan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem di air tersebut. Untuk itu, pihak terkait dimohon turun tangan agar kasus itu tak terus terjadi.