HeadlineJelajah

Taman Median Jalan di Jalan HOS Cokroaminoto Akhirnya Dibongkar

Dinilai menghambat arus lalu lintas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo akhirnya membongkar taman jalan di tengah Jalan HOS Cokroaminoto, Rabu 14 Juni 2023.

Gulang Winarno Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo mengatakan, pembongkaran sejumlah taman jalan di jalan satu arah itu sebagai tindak lanjut banyaknya masukan atau keluhan akan keberadaan bangunan yang dibangun dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari sejumlah lembaga pada tahun 2021 lalu tersebut.

Proses pembongkaran dilakukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU-PKP) Ponorogo, karena keterbatasan tenaga. Rencananya ada tiga titik taman jalan yang akan dibongkar yakni, di depan Jalan Thamrin, Jalan Siberut, dan Jalan dr. Soetomo. Sementara untuk taman jalan di pertigaan ngepos tetap dipertahankan.

Gulang membantah bila median ditengah tersebut penyebab kemacetan di Jalan HOS Cokroaminoto. Namun dirinya mengakui hilangnya taman jalan itu akan membuat lalu lintas di pusat Kota Ponorogo itu lancar.

Sekedar informasi, sejak dibangun 2021 taman kota di tengah jalan HOS Cokroaminoto telah 4 kali menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas. Bahkan pada 2021 lalu Polda Jatim dan tahun 2022 Sat-Lantas Polres Ponorogo merekomendasikan agar taman jalan itu dibongkar. (yd/rl)