Jelajah

Dekati Idul Adha, BPBD Lakukan Penyekatan dan Sterilisasi Hewan Qurban Masuk Ponorogo

Semakin mendekati hari raya Qurban, Pemkab Ponorogo gencar melakukan penyekatan dan sterilisasi ternak yang masuk ke kota reyog. Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Surono mengatakan, ada 2 titik yang dilakukan penyekatan, yakni di Pos Biting Badegan dan Pos Danyang Sukosari Babadan. 

Adapun sterilisasi, dilakukan penyemprotan di pasar hewan yang ada di Ponorogo sebelum dan pada hari pasaran. Langkah itu dilakukan, untuk mengantisipasi semakin meluasnya Penyakit mulut dan kuku – PMK maupun Lumpy Skin Disease (LSD) dimana hanya hewan ternak yang sehat saja yang dianjurkan untuk dijadikan hewan qurban.

Karenanya, hewan yang masuk, harus mengantongi surat keterangan sehat hewan dan juga sudah divaksinasi. Tanda sudah pernah divaksin PMK maupun LSD, dengan adanya ear tag pada telinga sapi. Lebih lanjut dijelaskan jika penyekatan nanti akan semakin diperpanjang waktunya pada H-3 idul adha dan H plus 3.

Jika sebelumnya penyekatan dari jam 07.00 WIB hingga jam 15.00 WIB, diperpanjang hingga pukul 22.00. WIB. Pihaknya tidak sendiri dalam bertugas tapi ada tim, seperti dinas pertanian dan dari Polres.