Damkar Satpol PP Selamatkan Kucing Persia Kecebur Sungai di Kedung Banteng

Petugas Pemadam Kebakaran Damkar Satpol PP Pemkab Ponorogo berhasil menyelamatkan seekor anak kucing yang tercebur sumur, Jumat Siang 9 Juni 2023. Kucing jenis persia itu milik Andi Susanto warga desa Kedung Banteng Sukorejo yang awalnya hilang pukul 23.00 WIB.


Pemilik sudah mencari ke rumah tetangga dan sekitar lingkungan, tapi tidak juga ketemu. Kemudian mendengar suara mengeong dari dalam sumur belakang rumahnya. Kepada wartawan, Andi mengaku sebenarnya sudah berusaha mengevakuasi hewan piaraannya tersebut secara mandiri tapi selalu gagal sehingga terpikir untuk menghubungi petugas Damkar.

Sementara itu, Petugas Damkar Kabupaten Ponorogo, Sudarsono, menjelaskan jika proses evakuasi kucing dalam sumur ini berlangsung sekitar 15 menit. Namun yang lama adalah mempersiapkan sejumlah peralatan untuk masuk kedalam sumur hampir satu jam lebih.

Selain takut jika terdapat gas beracun, sumur berdiameter 1 meter dengan kedalaman 20 meter yang sudah cukup tua itu,  juga ditakutkan dinding-dindingnya rapuh. Beruntung meski cukup lama kucing berada di dalam sumur hampir 12 jam, namun anakan kucing Persia tersebut dapat dievakuasi dengan selamat.

Selanjutnya kata Darsono, kucing pun diserahkan ke sang pemilik untuk  dilakukan perawatan, dengan penjemuran karena berada cukup lama di dalam sumur.