Ramai Modus Penipuan PDF Pesanan Palsu Incar Penjual Online, Polres Ponorogo Minta Warga Waspada

Baru-baru ini, warganet beramai-ramai membagikan jenis penipuan baru yang khususnya mengincar penjual online atau online shop (olshop). Modus ini dilakukan penipu dengan mengaku sebagai calon pembeli dan berdalih mengirimkan PDF berisi daftar pesanan, kebanyakan dari mereka meminta kontak WhatsApp pemilik atau admin online shop. Alih-alih langsung memesan melalui aplikasi belanja, oknum penipu ini malah mengirimkan sebuah file yang mereka sebut PDF daftar pesanan.


Rupanya, PDF itu merupakan APK (Android Package Kit) yang hanya diganti format namanya. Jika file tersebut dibuka dan dijalankan, kemungkinan besar APK akan mencuri data tertentu di perangkat korban, karenanya untuk mengantisipasi agar warga tidak menjadi korban, Polres Ponorogo gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat berhati-hati, Kanit patroli sat samapta Polres Ponorogo  Ipda toni gerindra mengatakan sejauh ini belum ada laporan warga Ponorogo jadi korban.

Hanya saja ,modus itu menjadi atensi khusus apalagi jenis penipuan saat ini semakin canggih dan beragam. Warga diminta tetap hati-hati jika menerima telepon atau WA yang berisi diminta mengklik aplikasi atau file Pdf sekalipun dari nomor yang tidak dikenal, selain itu jangan buru-buru memberikan data untuk mengantisipasi penyalahgunaan untuk tujuan penipuan.