Lebaran Ketupat, Penjual Janur Laris Manis

Lebaran ketupat, pedagang janur dan selongsong ketupat panen raya. Salah satunya Argo, pedagang di sekitar pasar Jetis, mengaku, tahun ini dirinya mempersiapkan 350 lonjor janur dan jualannya laris manis.


Daun muda kelapa itu didatangkan dari Pacitan dan Trenggalek dimana dirinya mengerahkan anggota keluarga dan 3 rekannya untuk membuatnya menjadi selongsong.

Pesanan mulai membludak sejak H plus dua lebaran dan diprediksi puncaknya pada Kamis, 27 April 2023. Terkait harga, Argo menambahkan, dirinya sudah mematok harga Rp 5 – 8 ribu per 10 biji selongsong ketupat tergantung ukuran adapun janur Rp 5 ribu per 10 biji.

Harga tersebut memang bisa jadi tidak sama antar pedagang lainya, namun dirinya tidak akan menaikkan harga meskipun nanti akan ada lonjakan permintaan. 

Meski begitu, menurutnya jika dibandingkan tahun lalu saat ada pandemi permintaan selongsong ketupat tahun 2023 menurun. Tahun lalu dirinya bisa menjual 850 lonjor janur kini hanya 350 lonjor saja yang dipersiapkan. Penyebabnya, salah satunya karena pemudik sudah banyak kembali ke tempat kerja sebelum lebaran ketupat.