Tidak Dianggarkan Dalam APBD 2023, 9 Jembatan Putus Belum Bisa Diperbaiki Tahun Ini

9 jembatan yang putus karena usia dan bencana alam , belum bisa diperbaiki dalam waktu dekat ini  . 9 jembatan itu diantaranya di Desa Grogol, Nambak, Kunti,  Koripan dan Desa Siwalan .  Agus Sugiarto Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) mengatakan kesembilan jembatan rusak tersebut belum masuk dalam anggaran perbaikan yang bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 .


Dana alokasi umum-DAU yang berada Pos Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) digunakan untuk kebutuhan infrastruktur prioritas seperti pemeliharaan jalan .  Meskipun demikian kata Agus, kemungkinan besar anggaran untuk perbaikan jembatan tersebut akan dimasukkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) pada akhir tahun 2023 nanti .  Namun belum tahu secara pasti berapa nilainya dan jembatan mana yang diperbaiki dulu .

Sementara itu, Jamus Kunto Purnomo Kepala DPUPKP Ponorogo, mengakui bahwa DAU prioritas digunakan untuk pemeliharaan jalan .  Pihaknya  tengah menunggu hasil keputusan dari pinjaman reguler ke PT. SMI tahun ini .  Jika disetujui bisa dimasukan dalam pembiayaan pembangunan jembatan tersebut .

Selain pinjaman tersebut untuk perbaikan jembatan juga  jalan . Dari data Jamus, sembilan jembatan yang mengalami kerusakan tersebut yakni di Desa Grogol, Desa Nambak, Desa Kunti, Desa Koripan dan Desa Siwalan .