Laku 1,3 M, Pasar Lanang Segera Dibongkar

Proses pembongkaran pasar legi selatan atau pasar lanang mulai dilakukan senin 6 Maret 2023. Ini setelah ada pemenang lelang pembongkaran yang berasal dari Kecamatan Asemrowo Surabaya atas nama Nurhasan. Seperti yang dikatakan Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah, (BPPKAD), Sumarno yang bersangkutan nilai penawarannya  paling tinggi yakni Rp 1,3 Miliar lebih dari nilai limit Rp 430 juta. Sehingga jika dihitung ada kenaikan 218 persen dari nilai limit. Adapun pengerjaan pembongkaran pasar lanang diperkirakan paling lama 2 bulan atau berakhir pada 6 Mei 2023. Hanya saja jika lebih cepat lebih baik.


Menurutnya hasil nilai penawaran 1,3 Milyar akan masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2023. Nantinya setelah di bongkar bekas lahan eks pasar lanang diwacanakan untuk mall pelayanan publik yang didalam juga ada pujasera dengan dua lantai. Sementara lantai 1 nya akan digunakan untuk lahan parkir.

Sementara Afdaul 26 tahun pemilik toko jam di Pasar Lanang mengatakan dirinya mulai kemarin sudah mengemasi barang untuk dipindah. Dirinya memiliki 4 toko di Pasar Lanang, 2 diantaranya digunakan untuk gudang. Menurutnya batas terakhir memindahkan barang yakni Senin 6 Maret 2023. Rencanannya barang barang tersebut akan di pindah di toko cabang yang lain.

Dari pantauan Radio Gema Surya pembongkaran masih dilakukan dengan cara manual, belum menurunkan alat berat. Pekerja masih memilih bagian bangunan yang masih digunakan