Jelajah

Luna, Pelajar SMKN 1 Ponorogo Raih Juara Satu Singing Contest di ASEAN English Competition

SMK Negeri 1 Ponorogo memang gudangnya pelajar berprestasi. Kali ini, salah satu siswinya, Luna Erlika, berhasil meraih juara satu dalam Singing Contest  ASean English Competition yang digelar 21 Januari 2023.

Pelajar kelas XII jurusan akutansi tersebut berhasil menyisihkan ratusan peserta dari Indonesia dan Malaysia. Kepada RGS FM Luna menceritakan meski kompetisi tersebut tingkat Asean, namun pesertanya hanya dari Malaysia dan Indonesia lantaran kedua negara tersebut menjalin kerja sama hanya saja untuk tim juri, dari 5 negara termasuk Indonesia.

Dirinya tak menyangka menjadi pemenang padahal pesaingnya dari kota-kota besar yang notabene memiliki bakat mumpuni dibidang bahasa inggris dan menyanyi.

Dijelaskan jika perlombaan tersebut dilakukan secara virtual. Peserta terlebih dulu mengirimkan vidio atau demo dengan judul lagu believer dari Imagine Dragons. Setelah masuk dalam grand final, dirinya menyanyi di depan juri dan tanggal 28 Januari 2023 diumumkan sebagai pemenangnya.

Sementara guru pembimbing SMKN 1 Ponorogo, Yuli Lapansari mengaku bangga dan bersyukur dengan prestasi anak didiknya itu. Dirinya optimis Luna Erlika bisa menjadi yang terbaik karena memiliki suara khas dan lancar berbahasa inggris.

Sebenarnya dalam Asean English Competition ada 3 bidang lomba yang diikuti, namun dua lainnya yakni kuis dan story telling di borong pelajar dari Malaysia. Hanya singing contest yang berhasil diraih sekolahnya tapi mengalahkan ratusan peserta lainnya.

Menurut penilaian juri, lagu yang dipilih tingkat kesulitannya cukup tinggi namun berhasil ditaklukan dengan baik oleh Luna.

Bagi Kepala Sekolah SMKN 1 Ponorogo Suryanto, S.Pd, keberhasilan siswanya tersebut merupakan kerja keras semua anggota tim. Baik Luna sebagai peserta lomba, guru pendamping dan tim bagian lain yang menunjang dari pembuatan vidio hingga IT.

Siswanya tersebut selama ini masuk dalam ekstrakulikuler paduan suara dan English Club. Terpilihnya Luna juga bukan asal tunjuk melainkan melalui seleksi ketat ditingkat sekolah.