Sempat 3 Bulan Zero Kasus Tambahan Kasus PMK , Awal Tahun Muncul Kasus Baru

Setelah 3 bulan tidak ada tambahan kasus atau zero kasus Penyakit Mulut Kuku ( PMK) pada sapi di kabupaten Ponorogo .  Sejak 2 minggu terakhir di bulan Januari 2023 setidaknya ada 180 kasus baru PMK yang menjangkiti sapi .


Masun kepala dinas pertanian , ketahanan pangan dan perikanan ( dipertahankan) mengakui ada 180 kasus baru PMK sapi di ponorogo serta 1 sapi yang terjangkit PMK Mati . Pertama kasus PMK tersebut muncul pertama di desa Munggung Pulung .  Kemudian ditemukan di 12 kecamatan dari 21 kecamatan . Hanya saja paling tinggi di kecamatan Bungkal dan Slahung  .

Masun memperkirakan jika di lihat dari sebarannya dan kasus tertingginya , diperkirakan peningkatan keluar masuk transportasi ternak sepanjang natal dan tahun baru kemarin .  Beberapa ternak sapi di identifikasi masuk ke kota reyog dari Wonogiri, Magetan, diperkirakan belum divaksin sehingga membawa virus baru .

Masun mengungkapkan dari 89 persen atau 79 ribu sapi di Ponorogo sudah tervaksin PMK dari total sekitar 90 ribu sasaran sapi , sehingga vaksin ini bisa mencegah Penularan PMK .