Jelajah

Minyakita Tidak Lagi Rp 14 Ribu per Liter, Barang Langka di Pasaran

Para pedagang mulai melanggar Harga eceran tertinggi – HET minyak goreng merek Minyakita. Pantauan gema surya, Migor bersubsidi tersebut di kemasan tertulis Rp 14 ribu per botol, namun dijual dengan harga antara Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu.

Kondisi tersebut membuat konsumen sempat protes, namun karena tidak ada pilihan, akhirnya tetap membeli. Apalagi jika dibandingkan minyak goreng merek lain terutama yang terkenal, harganya masih jauh lebih murah. Salah satu pedagang mracang di pasar Legi, Didin saat dikonfirmasi mengakui jika harga yang tertera dalam kemasan botol Minyakita Rp 14 ribu per liter sudah tak berlaku lagi.

Pasalnya pasokan sudah mulai tersendat bahkan sering kosong. Dirinya saja sejak 2 hari terakhir sudah tidak menjual lagi Minyakita lantaran tidak ada barang. Beruntung pembeli masih bisa mendapatkan dengan harga Rp 16 ribu, asalkan ada barangnya. Terkait penyebab, lanjut Didin, sejauh ini juga tidak paham.

Padahal menurut informasi, luar daerah selain Ponorogo tidak terjadi kelangkaan. Sebagai pedagang dirinya pun sambat, apalagi menjelang Ramadhan bisa diprediksi harga terus melonjak diikuti kebutuhan pokok lainya.. Sementara untuk minyak kemasan Premium dijual antara Rp 18.000 – Rp 23.000 / liter tergantung merk.